PRESENTASI FLORA DAN FAUNA

PRESENTASI KELAS VIIC

 ANGOTA KELOMPOK:
Noval angga w. 
Kefin eka p. 
Jonas revano p. 
Aldian frendan a. 

Kelompok:Jonas cs

FAUNA DI INDONESIA
1.Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae)
Eksotisme harimau sumatra telah dikenal hingga seluruh dunia. Hewan endemik dengan tubuh terkecil dan warna kulit tergelap di antara jenis harimau lainnya ini, juga memiliki corak loreng hitam yang lebih rapat dan bila dilihat secara seksama motifnya menyerupai sidik jari manusia. Populasi harimau Sumatra diperkirakan hanya tinggal tersisa 400 ekor di alam bebas. Untuk mencegah kepunahan, Taman Nasional Kerinci Seblat, Kawasan Ekosistem Ulu Masen dan Leuser di Aceh dan Sumatra Utara menjadi pusat konservasi harimau Sumatra.

2.Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis)
Populasi badak sumatra yang tersebar di Taman Nasional Bukit Barisan, Taman Nasional Gunung Leuser, dan Taman Nasional Way Kambas kian terancam punah. Dengan jumlah kurang dari 80 ekor, penghuni hutan tropis yang hidup secara soliter ini hanya melahirkan satu anak setiap 3 atau 4 tahun sekali. 

3.Orangutan (Pongo)
Ada tiga spesies orangutan yang bisa Sobat Pesona temui #DiIndonesiaAja, yaitu orangutan sumatra (Pongo abelii), orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus), dan orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis). Populasi orangutan sumatra yang memiliki ciri khas warna bulu coklat kemerahan berada di posisi kritis punah. Sedangkan orangutan kalimantan yang identik dengan bentuk wajah besar dengan pelipis seperti bantal ini populasinya juga terus menurun dan terancam punah. 

4.Gajah Kalimantan (Elephas maximus borneensis)
Ada yang berbeda dari jenis gajah asal Kalimantan ini, tubuhnya berukuran seperlima lebih kecil dari spesies gajah india dan membuat penampakan telinganya lebih besar dari kebanyakan gajah lainnya. Bentuk gading gajah kalimantan pun relatif lebih pendek dan lurus. Perilaku gajah kalimantan tergolong lebih lembut dan tidak agresif. Umumnya hewan endemik asli Indonesia ini dapat ditemukan di dataran rendah di Kalimantan Timur.

5.Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)
Di Bali, burung ini disebut curik oleh masyarakat lokal. Ciri khas jalak bali adalah warna putih di seluruh tubuhnya, kecuali pada ujung ekor dan sayap yang berwarna hitam. Burung yang pernah menjadi gambar pada keping uang logam 200 rupiah terbitan 2008 itu, bisa Sobat Pesona temukan di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Jalak bali memiliki karakter yang periang, suka berkicau, dan tak jarang terlihat seolah menari di atas air.

6.Komodo (Varanus komodoensis)
Sobat Pesona pasti sudah nggak asing lagi dengan hewan endemik khas Indonesia yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini, kan? Ya, kadal terbesar di dunia itu cuma bisa ditemui di habitat aslinya di Taman Nasional Komodo. Menurut penelitian, komodo merupakan salah satu hewan purba yang sudah hidup sejak 4 juta tahun yang lalu, lho! Namun fauna asli Indonesia ini termasuk hewan buas yang berbisa dan cukup berbahaya. 

7.Burung Maleo (Macrocephalon maleo)
Taman Nasional Lore Lindu menjadi habitat burung khas Sulawesi Tengah ini. Burung maleo merupakan satwa endemik yang tak akan bisa ditemui di tempat lain di dunia. Fauna asli Indonesia ini memiliki bulu warna hitam dengan bulu bagian bawah yang berwarna merah muda keputihan. Kulit di sekitar matanya berwarna kuning, paruhnya warna jingga keabuan dan memiliki tinggi sekitar 55 cm.

8.Tarsius kerdil (Tarsius pumilus) 
Tarius kerdil atau yang juga disebut tarsius gunung merupakan spesies hewan primata mungil yang berasal dari Sulawesi Tengah dengan bobot hanya berkisar 50 gram. Tarsius kerdil memiliki bulu yang sangat lembut dengan warna coklat keabuan atau cokelat kegelapan. Yang menariknya, hewan nokturnal ini pernah dinyatakan punah pada awal tahun 2000-an karena tak lagi pernah terlihat. 

9.Monyet hitam Sulawesi (Macaca Nigra)
Monyet hitam sulawesi adalah hewan endemik dari Sulawesi Utara yang juga punya nama lain yaki. Monyet ini dikenal dengan kepintarannya dan tubuh yang dipenuhi bulu serba hitam, lengkap dengan jambul kepala serta warna merah muda kemerahan di bagian bokongnya. Monyet hitam sulawesi hidup di hutan tropis yang berada dalam kawasan Cagar Alam Tangkoko.

10.Burung Cenderawasih (Paradisaeidae)
Yang terakhir datang dari bagian paling timur di Indonesia, yaitu Papua. Secara etimologi, kata cenderawasih berasal dari kata cendra yang berarti dewa-dewi bulan dan wasih yang berarti utusan, warga lokal menganggap burung ini adalah reinkarnasi peri yang terbang di sekitar hutan Papua. Ada sekitar 30 spesies cenderawasih di Indonesia dan 28 di antaranya bisa ditemukan di tanah Papua. 

FLORA DI INDONESIA

1.Daun payung
Daun payung, daun raksasa, daun sang, atau salo adalah sejenis palem yang mempunyai daun yang besar, lebar, dan relatif kuat. Di pedalaman Semenanjung Malaya dan Sarawak, ia dipergunakan sebagai atap.

2.Kayu hitam Sulawesi
Kayu hitam adalah salah satu jenis kayu yang terkenal dengan harganya yang bernilai tinggi. Kayu ini sebenarnya berasal dari suatu pohon yang dikenal dengan sebutan pohon eboni.

3.Bunga bangkai raksasa
Kibut atau bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa, Amorphophallus titanum Becc. Adalah tumbuhan dari suku talas-talasan endemik dari Sumatra, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia, meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas dapat menghasilkan bunga setinggi 5 m. 

4.Angrek hitam
Anggrek hitam adalah spesies anggrek yang tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatra. Anggrek hitam adalah maskot flora Provinsi Kalimantan Timur. 

5.Bunga padma raksasa

Rafflesia atau puspa nusa adalah sebuah genus tumbuhan berbunga yang semua spesiesnya hidup sebagai parasit. Anatomi tumbuhan pada Rafflesia tidak lengkap. Organ tubuh dari Rafflesia hanya berbentuk bunga yang mekar atau kuncup saja. Rafflesia tidak memiliki bagian daun, batang, dan akar. 

6.Bunga Edelweiss Jawa
Anaphalis javanica, yang dikenal sebagai Edelweiss jawa atau Bunga Senduro, adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi di Indonesia yang saat ini dikategorikan sebagai tumbuhan langka.

7.mangga Kasturi
Mangga kasturi adalah tumbuhan endemik khas Kalimantan Selatan yang keberadaannya terancam punah. Populasi taksonnya cenderung berkurang, baik dalam segi jumlah individu, populasi maupun keanekaragaman genetisnya.

8.Pohon Sagu atau Rumbia
Pohon sagu atau rumbia dengan nama ilmiahnya metroxylon sagu, termasuk dalam pohon dari famili palmae wilayah tropik basah. Tumbuhan ini tinggal pada umumnya di daerah rawa-rawa air tawar atau daerah rawa bergambut, daerah pinggir dari aliran sungai, dekat dengan sumber air dan hutan-hutan rawa.

9.Bambu manggongg
Bambu manggong adalah tanaman bambu yang hanya dapat kita temukan di Banyuwangi. Tumbuhan endemik khas Indonesia yang satu ini memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat mulai dari sebagai bahan baku kerajinan tangan.

10.Sawo kecik
Sawo kecik atau Sawo jawa adalah sejenis tanaman penghasil buah pangan anggota suku sawo-sawoan atau Sapotaceae. Tumbuhan berbentuk pohon ini biasanya berfungsi sebagai tanaman hias pekarangan dan pelindung. Pohon ini menyukai dataran rendah hingga sedang



FAUNA DI LUAR NEGERI
1.Burung kiwi

Burung Kiwi merupakan endemik Selandia Baru yang merupakan spesies lain dari burung yang tidak dapat terbang. Ukuran burung kiwi seukuran dengan ayam domestik. Burung ini satu-satunya genus dalam familia Apterygidae. Seluruh spesies burung kiwi merupakan spesies terancam punah dan sangat langka. Dengan dijadikannya sebagai ikon Selandia Baru di harapkan akan mendorong banyak upaya untuk melestarikan dan menjaga kelangsungan hidup burung kiwi agar tidak punah.


2.The Kavango Zambezi Transfrontier Conservation Area - Afrika Selatan


Kawasan Konservasi Transfrontier Kavango Zambezi memiliki luas 519,912 km sq atau sama dengan luas dua negara Inggris. Kawasan konservasi ini terletak di dasar sungai Kavango dan Zambezi, dan membentang di lima negara Afrika Selatan yaitu Angola, Botswana, Namibia, Zambia, dan Zimbabwe. 

Selain menjadi rumah bagi banyak jenis satwa liar, di kawasan salah satu taman nasional terbesar di dunia ini terdapat Delta Okavango, 


3.  Sable Antelope (Zimbabwe)


Sable Antelope (Hippotragus Niger) adalah hewan nasional Zimbabwe. Hewan ini sering menjadi buruan para fotografer karena keindahan tanduk pedangnya yang sangat tajam dan kuat. Sable Antelope merupakan hewan yang sangat agresif ketika menghadapi suatu bahaya. Pertempuran dengan lawan biasanya dilakukan dengan berlutut di barengi dengan sapuan cepat dari tanduknya


4. Dugong (Papua Nugini)


Dugong atau duyung adalah jenis mamalia laut yang dapat hidup sampai dengan umur 22-25 tahun. Dugong merupakan anggota Sirenia atau lembu laut yang masih bertahan hidup selain Manatee. Walaupun Dugong hidup di air asin ia adalah hewan menyusui dan merupakan kerabat evolusi dari gajah. Dugong adalah hewan pemakan tumbuhan laut dan bisa di temukan di perairan Indo-Pasifik.


5. Vicuna (Peru)


Vicuna atau Vikuna merupakan hewan yang hidup di dataran tinggi Andes dan salah satu dari dua Camelid Amerika Selatan. Vicuna masih berkerabat dengan llama dan di yakini sebagai nenek moyang liar Alpaca yang menjadi hewan peliharaan saat ini. Vicuna juga menghasilkan sejumlah kecil wol yang sangat halus. Wol yang di hasilkan dari Vicuna sangat-lah mahal karena Vicuna hanya dapat di cukur selama tiga tahun sekali dan harus di tangkap di alam bebas



6. Panda (Tiongkok)


Panda termasuk kedalam famili Ursidae, seekor mamalia yang biasanya di klasifikasikan ke dalam keluarga beruang. Hewan dengan ciri khas bulu hitam dan putih ini menjadi lambang negara China dan saat ini di tampilkan pada uang emas negara tersebut. Dalam bahasa China sendiri Panda mempunyai nama "Xiong Mao" yang berarti "Kucing Beruang


7.  Elang Botak (Amerika Serikat)


Elang Botak (Bald Eagle) atau Haliaeetus Ieucocephalus adalah burung pemangsa yang terdapat di Amerika Utara. Karena mempunyai tubuh yang besar, kepakan sayap burung ini bisa membentang lebih dari dua meter. Walaupun bernama Elang Botak tapi sebenarnya burung ini tidaklah botak. Kegagahan Elang Botak menjadikannya sebagai burung nasional dan lambang dari negara adidaya Amerika Serikat.


8.  Jerapah (Tanzania)


Jerapah mempunyai nama ilmiah "Giraffa Camelopardalis" adalah mamalia berkuku genap yang merupakan endemik Afrika.

Jerapah masih berkerabat dengan Sapi dan Rusa tapi berasal dari suku yang berbeda dan kerabat terdekatnya adalah Okapi. Tinggi hewan ini dapat mencapai 4,8 hingga 5,5 meter dan berat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih ringan dan pendek di bandingkan jantan.


9.  Kanguru (Australia)


Hewan yang menjadi ikon Australia ini adalah Marsupial dari keluarga Marcopodidae atau Makropoda yang berarti "kaki besar". Kangguru memiliki kaki belakang yang besar kuat dan ekornya panjang berotot. Yang berguna untuk melompat dan menjaga keseimbangan tubuhnya. Kantung yang terdapat dalam tubuh Kanguru betina di sebut dengan marsupium. Hewan ini muncul pada lambang Australia dan pada beberapa mata uang negara tersebut.


10. Macan Tutul Salju (Afghanistan)


Macan Tutul Salju adalah salah satu dari kucing besar yang spesiesnya bernama Panthera Uncia. Habitat asli kucing besar ini berbeda di pegunungan salju Asia Tengah dari Afghanistan sampai Tibet bagian Timur. Macan Tutul Salju mempunyai bulu tebal berwarna tubuh ke abu-abuan dengan bintik hitam kecoklatan. Macan Tutul Salju adalah spesies hewan yang dilindungi. 


FLORA DI LUAR NEGERI

1. Pale Indian Plantain (Arnoglossum atriplicifolium)

masih masuk ke dalam keluarga bunga matahari. Penyebaran tanaman ini cukup tersebar luas di penjuru Amerika Serikat, mulai dari negara bagian tengah dan bagian timur, tepatnya dari bagian barat Atlantic Coast sampai dengan Kansas. 

2. Androsace nivalis (Douglasia nivalis)

Androsace nivalis atau lebih dikenal sebagai rock jasmine (melati batu) masuk ke dalam keluarga Primulaceae dan spesies Primula. Sesuai dengan namanya, rock jasmine banyak tumbuh dan berkembang biak di tempat berbatu sekalipun karena itu merupakan habitat mereka

3.Mono Lake – Prickly Poppy

Tumbuhan satu ini memiliki nama lain yaitu argemony dan diketahui setidaknya terdapat 30 jenis yang tersebar dari Amerika Utara dan India bagian barat, bahkan salah satu jenisnya hanya dapat ditemukan di Kepulauan Hawaii. Banyak yang membudidayakan prickly poppy ini namun akhir – akhir ini telah menimbulkan masalah baru jika tanaman ini dibiarkan tumbuh liar. 


4.Calochortus eurycarpus
Bunga yang satu ini mempunyai nama lili mariposa dan termasuk ke dalam keluarga bunga lili. Persebaran bunga lili mariposa yakni Amerika Serikat bagian barat (Montana, Idaho, Oregon bagian barat, Wyoming bagian barat, timur laut dari Nevada hingga tenggara Washington. Biasanya dalam satu kuntum terdapat 3 kelopak bunga.


5.Clarkia rubicunda
Tumbuhan yang satu ini termasuk tumbuhan endemik yang hanya akan ditemukan di California saja. Dan tempat yang paling banyak ditumbuhi oleh clarkia rubicunda ini yaitu berada di Central Coast. Tumbuhan ini juga memiliki banyak julukan yaitu ruby chalice clarkia dan farewell to sping. 


6.Pinus balfouriana (Trinity Alps)

Pohon pinus ini termasuk tanaman endemik dari California, Amerika Serikat yang hanya ditemukan di dataran tinggi saja. Dapat dikatakan jika pinus balfouriana adalah pinus yang memiliki kesamaan dengan pinus great basin dan pinus bristlecone di pegunungan Rocky. Diketahui jika terdapat dua populasi pinus ini yang tersebar di selatan pergunungan Klamath dan selatan Sierra Nevada. 

7.Trifolium thompsonii

Tumbuhan ini masuk ke dalam keluarga legume atau kacang – kacangan dan dikenal dengan nama Thompson’s clover. Trifolium thompsonii termasuk tanaman endemik yang hanya bisa ditemukan di Washington, Amerika Serikat saja dan populasi terbesar dari tanaman ini bisa terdapat di Entiat Slopes Natural Area Preserve di Chelan County. 

FLORA di JEPANG YANG LANGKA DAN UNIK

8. pinus Jepang atau matsu

Tanaman Jepang bernama pinus Jepang memiliki bentuk yang berbeda dari pinus pada umumnya. Jika pinus biasa tumbuh menjulang dan lurus ke atas dengan bentuk yang ramping, maka pinus Jepang tumbuh dengan batang yang meliuk.

Daunnya berwarna hijau tua dan cukup rindang. Sedangkan batang kayunya memiliki warna gelap bahkan hitam. Warna daun pinus Jepang ini tidak akan berubah seiring pergantian musim, daunnya juga tidak akan berguguran di musim gugur. Tanaman Jepang yang satu ini juga sering dijadikan bonsai karena bentuknya yang unik.


9.shibazakura

Namanya mungkin terdengar mirip dengan sakura, tapi tanaman Jepang yang satu ini memiliki bentuk yang berbeda. Shibazakura sering disebut sebagai pink moss atau lumut pink. Tanaman Jepang berwarna pink ini tidak tumbuh pada pohon dan berukuran besar, melainkan menyerupai semak-semak dan berukuran sedang.


10.camellia japonica atau tsubaki
Jika bunga lain bermekaran pada musim semi, maka camellia japonica justru bermekaran dari musim dingin hingga musim semi. Tanaman Jepang berbunga cantik ini mirip seperti mawar di mana satu tangkai ditumbuhi satu bunga. Bunganya berwarna merah muda dengan kelopak yang saling bertumpuk rapi membentuk sebuah gumpalan. Kalau kamu menemukan tanaman Jepang ini, sebaiknya jangan disentuh karena bunganya mudah lepas dari tangkainya.